Kumpulan Tulisan I

 

SEPATAH KATA

Semenjak 40 tahun yang lampau – waktu itu Bung Karno masih belajar di Hogere Burgerschool (H.B.S.) Surabaya – beliau sudah mulai gemar mengarang. Kegemaran itu bertambah lagi semasa beliau menjadi mahasiswa Technische Hogeschool (T.H.S.) di Bandung. Kemudian datanglah zaman yang dalam sejarah kehidupan Bung Karno dapat dianggap masa-pencurahan-fikiran dalam karang-mengarang, yaitu semasa Bung Karno bersama-sama dengan kawan-kawan sefaham beliau, mendirikan dan menggerakkan Partai Nasional Indonesia (P.N.I.) dan Partai Indonesia (Partindo) serta semasa beliau diasingkan ke Endeh dan akhirnya ke Bengkulen.

Suatu kenyataan sekarang ialah – bahwa Bung Karno sendiri sama sekali tidak lagi menyimpan karangan-karangan tersebut.

Beberapa karangan yang telah dapat dikumpulkan semasa Bung Karno mulai men­jalankan hukuman pembuangan, terpaksa ditinggalkan dan kemudian hilang tidak berketentuan karena tempat beliau yang sering berpindah-­pindah. Demikian pula sahabat-sahabat-karib beliau serta perpustakaan­-perpustakaan umum, tidak banyak yang menyimpan karangan-karangan Bung Karno.

 

Dalam beberapa tahun terakhir ini, oleh perseorangan, pernah sebagian dari karangan-karangan tersebut diterbitkan dalam bentuk bro­sur. Karena mengingat – bahwa buah-fikiran Bung Karno baik yang berbentuk sebagai karangan maupun yang berupa pidato-pidato dari se­menjak zaman penjajahan hingga pada saat ini, belum pernah diter­bitkan dalam bentuk yang teratur – sedangkan keinginan untuk itu oleh sahabat-sahabat-karib Bung Karno serta oleh khalayak ramai berkali-­kali diajukan kepada beliau – maka kami mendapat kepercayaan untuk menjalankan tugas tersebut. Semenjak lima tahun yang lampau, kami telah berusaha sedapat-dapatnya untuk menunaikan kewajiban tersebut sebaik-baiknya.

 

Dalam melaksanakan tugas tersebut ternyata – bahwa tidak sedikit kesukaran yang harus kami hadapi. Pada zaman penjajahan, untuk menyimpan karangan-karangan para pemimpin pergerakan – terutama buah pena Bung Karno – diperlukan keberanian bagi para penyimpannya. Lagi pula, karangan-karangan Bung Karno tersebut tidak pernah ada dalam satu tangan. Berdasarkan itulah, maka usaha pengumpulan ini tidak seluruhnya dapat berhasil baik dan sempurna.

 

Selama lima tahun terus-menerus telah dilakukan hubungan dan surat-menyurat dengan alamat-alamat di dalam dan di luar negeri dengan pengharapan agar supaya usaha pengumpulan buah-fikiran Bung Karno dapat lebih diperlengkap. Walaupun mereka yang dihubungi selalu menunjukkan kesediaan untuk memberi bantuan sebanyak mungkin, namun hingga pada saat ini, belum juga diperoleh hasil untuk mengumpulkan buah pena Bung Karno yang ditulis antara tahun 1917 hingga tahun 1925. Bahkan karangan-karangan dalam tahun-tahun berikut­nyapun masih ada beberapa yang belum terkumpul. Ini berarti bahwa kumpulan buah-fikiran Bung Karno – yang oleh beliau diberi nama: “DI BAWAH BENDERA REVOLUSI”, belumlah merupakan kumpulan yang lengkap dan sesempurna-sempurnanya.

 

Akan tetapi dengan pertimbangan – bahwa untuk menanti sampai terkumpulnya seluruh buah-fikiran Bung Karno masih memerlukan waktu yang lama – maka sebagai langkah pertama, buku:

“DI BAWAH BENDERA REVOLUSI” ini (terdiri dari dua jilid), kami persembah­kan kepada masyarakat Indonesia, dengan pengertian, kekurangan­-kekurangan yang terdapat dalam buku ini mudah-mudahan dapat disempurnakan dalam penerbitan lainnya. Patut dijelaskan bahwa Bung Karno tidak mempunyai kesempatan penuh untuk membaca kembali seluruhnya karangan-karangan beliau yang dimuat dalam buku ini.

 

Akhirulkalam, kepada semua fihak, baik di dalam maupun di luar negeri serta handai-taulan yang hingga pada saat terbitnya buku ini de­ngan ikhlas telah memberikan sumbangan dan bantuan, dengan ini kami sampaikan ucapan banyak terima kasih, karena dengan tiada bantuan itu maka penerbitan “DI BAWAH BENDERA REVOLUSI” tidaklah mungkin selengkap seperti sekarang ini.

 

Jakarta, 17 Agustus 1959

 

Panitya

 

K.Goenadi

H.Mualliff Nasution

.

<<..KEMBALI KE HALAMAN UTAMA [Kumpulan Karya Bung Karno]

<<..KEMBALI KE DAFTAR ISI [ Di Bawah Bendera Revolusi Jilid 1-Kumpulan Tulisan Bung Karno ]

————