Inilah bacaan wajib para politikus Jepang

.

Kata siapa politik itu kotor. Kata siapa mempelajari ilmu politik itu susah dan ribet. Harus membaca buku-buku tebal sekian ratus sampai ribuan halaman.  Apalagi sejak adanya lembaga pendidikan tinggi yang bernama kampus, Politik semakin terkesan formal, elitis, dan serius. Wew males banget deh, capek gitu lho.  Bahkan terkadang kita sebagai orang awam ketika mendengar sesuatu hal yang berbau politik akan secara otomatis ilfell dan malas untuk barang sejenak saja menggubrisnya.

.

Tidak usah khawatir dan berkecil hati, ternyata bacaan wajib para politikus Jepang adalah komik humor bin kocak bin ngakak ini.

.

Kunimitsu No Matsuri

by Yumo Ando/Masashi asaki

alih bahasa :  idrus

editor : Meyer

Desain sampul : PapAzka

hak cipta terjemah dan penerbit Indonesia (2006):

PT Elex Media Komputindo

Kelompok Gramedia.

diterbitkan di Jepang (2001)

by Kodansha Ltd-Tokyo

.

Dan luar biasanya, bacaan para politikus ini kian diminati dan digemari oleh anak-anak remaja di Jepang.

.

.

Jadi janganlah heran, bila  di Jepang sebagian besar masyarakatnya hari gini kian melek politik, dan semakin matang demokrasinya. Karena sejak remaja, generasi muda Jepang sudah mengenal apa itu politik dengan pemahaman dan kesadaran yang amat dalam. Uniknya kedalaman pemahaman “sadar politik” itu diperoleh hanya dengan membaca komik yang  sarat humor dan ringan ini. Komik itu telah berhasil membuat mereka tertawa ngakak terbahak-bahak :mrgreen: , namun juga kritis dengan kesadaran pemahaman politiknya,  layaknya setajam pengamat politik. 😈

.

Saya jamin : Para pembaca bisa memenggal kepala penulis bila tidak tertawa membacainya. (lebay mode : on) 🙄

.

Sebenarnya sebagai blogger wordpresser, ada juga blogger blogspot yang ikut juga meramaikan kampanye untuk membaca komik ini. Octovary’s Blog salah satunya. 😳

.

Buat para penggemar komik, nih komik dijamin bisa bikin seger loe-loe semua..

Ceritanya yang bertema politik sangat beda sama kebanyakan komik yang isinya cuma cinta-cintaan mulu. Jadi, nih komik bercerita tentang kehidupan seorang anak muda bernama Kunimitsu Mutou. Dia udah muak ngeliat kehidupan di jepang yang penuh kebusukan politikus (Ga beda sama di Indo sebenernya). Dia lalu bercita-cita pengen jadi laki-laki yang akan mengubah Jepang. Komik karangan Yuma Ando ini bisa memberikan kita pengetahuan yang lebih baik akan bobroknya sistem politik di suatu negara.

.

Dan berikut, tidak sedikit pula komentar para Otaku yang telah membaca komik itu :

Pengendali Udara

iya wajib baca…banyak pelajaran penting

Jaka Sala

keren bagt komiknya, biqin qt melek politik!! pokoknya harus dibaca!!!

kampes_aksi

tumben elexmedia nerbitin manga bagus, aku baru baca chapter 1 tapi aura bagusnya udah mulai kelihatan, ceritanya menarik, tentang cowok yang tertarik sama dunia politik, genre baru kayaknya…

trieze

Yup, lumayan ni komik, ceritanya gak pasaran walopun Kunimitsu-nya kampungan banget ;D G paling geli kalo ngeliat dia sama di wartawan cewek itu, gak nyambung banget… apalagi di wartawan itu sok “orang kota” banget kan 😀

kampes_aksi

tapi moral storynya bagus nih , kritik banget, ngga di jepang ngga di indo berarti ya ada politikus ngga beres , pasti bakal aku lanjut baca nih manga

gunnar

Ceritanya bagus. Patut dibaca oleh para politikus Indonesia.
Ngomong-ngomong, pengarang manga ini sama dengan pengarang manga EIJI

franz_ferdinand

Cewenya cakep tuh.
Siapa namanya ? Momoe ?

P.Crayon

Ceritanya bagus. Patut dibaca oleh para politikus Indonesia.
Ngomong-ngomong, pengarang manga ini sama dengan pengarang manga EIJI ?
Memang pasangan penulis & artis yg sama.. ;p

TheNoirGoddess

download dmn nih?

gunnar

Pantesan waktu Kunimitsu lagi stress, ada buku EIJI sebagai background

Willie

ntah napa gue gk suka ama nih komik
kunimitsunya gk ada tata krama gituh
yang di komik 1 ajah dia nyusup ke tempat pestanya pejabat,trus makan dilanjutin dengan ngebacot,tapi masih bebas2 ajah ;D

mirip gto kayaqnya cerita dasarnya

gunnar

Yah, namanya juga preman. Sikap dan sifat Kunimitsu emang mirip dengan Onizuka dari GTO. Bedanya, ini mengenai masalah politik

Spawn The Anthony

lumayan bagus cerita dari komik ini. aku barusan sewa dr rental nih. inti ceritanya oke lah buat selingan baca komik shonen lainnya hehehe 🙂 hmmm, ini entar kasusnya hanya terjadi di daerah itu aja ya? sayang banget. kurang luas tuh cakupannya

Saphire_Diablo

Gw baru baca volume 01 kemarin….
Overal cerita lumayan bagus, gambarnya juga nggak jelek-jelek amat.
Tapi ini kayaknya bakal jadi makin berat ceritanya di volume-volume selanjutnya ;D

Spawn The Anthony

gambar sih gak jadi masalah buatku 🙂
style tiap manga-ka pasti berbeda-beda lah.
yg penting asal jgn style shoujo aja ;D

nomor 3 dah terbit tuh. aku liat kmrn.

Kecoa

lumayan nambah lg daftar belanjaan
rasanya ini orang lebih gawat dari onizuka, minta maaf aja pake seppuku;D

gunnar

Kan pura-pura mau bunuh diri supaya dia diampuni. Buktinya dia bilang “Gak dihentiin nih?” sambil berkeringat dingin saat pisaunya menyentuh perut

g0nfr34ks

kunimitsu termasuk bagus untuk kualitas ceritanya,gambarnya juga menarik bgt tuh,mantap dah::up::

Kecoa

Kan pura-pura mau bunuh diri supaya dia diampuni. Buktinya dia bilang “Gak dihentiin nih?” sambil berkeringat dingin saat pisaunya menyentuh perut.
i know, tp melebih2kannya itu, seperti hoero pen(comic bomber)

terjemahannya bbrp kurang jelas, ato emang begitu dialognya?

Spawn The Anthony

barusan selesai baca no 2.
wah, Kunimitsu ikutan pertandingan sumo ya. jadi penasaran apakah dia bakal menang atau tidak.

kasian benar tuh repoter cewek cantik [lupa namanya, kalo gak salah Sawa apa gitu ;D].
tiap kali boker atau pipis di kamar mandi, mesti deh diganggu ama Kunimitsu mulu wekekekeke :D:D:D:D

gunnar

Udah ada buku ke 3 tuh.
Ceritanya makin seru saja, dan juga makin lucu. Apalagi pas adegan calon ketua OSIS yang mau dibantu Kunimitsu di dandanin jadi ‘keren’

trieze

Iya, pas dia tanding sumo itu keren loh menurut g… 😀 mukanya bonyok ampe jadi gede banget! ;D

gunnar

udah baca no 3 juga.
akhirnya menang juga tuh, walaupun mukanya jadi kontet gitu plus ilang satu gigi :D:D:D
wah, ceritanya ttg pemilihan OSIS nih. asyik juga utk diikuti 🙂

(sumber-sumber komentar dari kafe gaul dan blog elexmedia)

.

Padahal ilmu politik adalah ilmu wajib bagi setiap orang yang hidup dalam suatu ruang yang bernama NEGARA. Perlu direnungkan oleh semua, bahwa sejak jaman di masa paska kemerdekaan (sebelum kejatuhan isu sesat G-30 S/PKI), jikalau banyak rakyat indonesia (baca : mulai dari remaja hingga tetua) tidak sedetikpun meninggalkan berita dari radio(mengingat dulu satu radio, dikonsumsi oleh orang satu kampung, bahkan satu RT atau RW). Jadi kebersamaan politik itu masih mengental, semakin jelas bila satu kelurahan selalu up to date untuk memantau perkembangan politik di tanah air.  Segala profesi mulai dari dokter, insinyur hingga tukang sayur sekalipun. Semuanya melek politik. Semuanya sumringah ketika mendengar suara pak Karno.

.

Jauh berbanding terbalik dengan keadaan masyarakat  kita sekarang, bukan?

.

Sejak adanya tragedi pembantaian sekian ratus ribu manusia di bumi ini, dimulai sejak tanggal 30 september 1965. Segala sesuatu yang berbau politik kian ditakuti dan dijauhi oleh rakyat awam. Ada seorang narasumber penulis bahkan hingga saat ini masih trauma dengan kejadian itu. Padahal beliau saat itu masih SR setingkat SMP di jaman sekarang. Dan ketika penulis bertanya tentang G30S beliau menceritakan kejadian-kejadian yang dilihatnya dengan detail. Di akhir wawancara, beliau berpesan mengingatkan penulis “agar penulis jangan sekalipun ikut-ikutan berpolitik”. Penulis hanya tersenyum kecut dan meninggalkan beliau dengan perasaan penulis yang sedih dan bingung. 😥

.

Rupanya pak harto dan antek-anteknya berhasil meneror dan membungkam peran rakyat kecil yang awam, untuk tidak ikut-ikutan berpolitik. 😡

.

Penasaran  :

ini nih salah satu potongan adegan kunimitsu menolong wartawan wanita asal kota tokyo, akibat  mobilnya masuk sawah dan di hadang oleh dua pemuda geng motor yang mesum.

.

.

.Yumo yang lebay, bikin kunimitsu bisa ngangkat  tuh mobil seorang diri.

.Jelas aja bikin 2 pengganggu itu ketakutan, bisa aja yumo bikin ekspresi karakter mereka jadi bener-bener kocak bin konyol, wakakakak.

.gila tuh tangan lebay banget bisa memanjang kayak Pikkoro.

.

.Kunimitsu yang gublokk, niatnya menolong malah hancurin mobil.

.

.Kunimitsu bergaya sok cool dengan sepeda jadulnya.

.salah satu ekspresi wajah kunimitsu yang konyol bin longor.

(sumber potongan komik : mangafox.com)

.

Jadi tunggu apalagi, segera dapatkan buku ini di rental atau toko buku termurah di daerah anda masing-masing, harganya terjangkau kok, cuman 11.000 rupiah. Kalo nyewa di rental mungkin cuman 1000 rupiah.

.

Atau mungkin ada komikus Indonesia yang mau bikin komik indonesia lebih terjangkau,lebih ngocol, dan lebih-lebih lebay lainnya dari komik ini. huahahaha.. selamat ngocol bin maknyusss… wakakakak ampek keselek.

.

Percaya deh, setelah baca neh komik. Penulis yakin, Kunimitsu berhasil menanamkan kesadaran kepada pembacanya, bila politik itu sebenarnya ndak kotor, sulit ataupun ribet. Bila kita masih bermimpi, bergerak, dan berjuang bersama untuk mengubahnya.

.

Salam Otaku 🙂

Iklan